Sudah Ditelepon Erick Thohir, Herman Deru Optimistis Sumsel Bakal Terpilih Gelar Piala Dunia U-17

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru/RMOLSumsel
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru/RMOLSumsel

Indonesia secara resmi diumumkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA tahun 2023. Keputusan ini disampaikan otoritas sepak bola dunia, FIFA, melalui situs web resmi mereka akhir pekan lalu. Indonesia dipilih sebagai tuan rumah baru setelah Peru mengundurkan diri karena masalah pengelolaan. Piala Dunia U-17 akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.


Sejauh ini, PSSI belum mengumumkan secara resmi stadion dan provinsi mana saja yang akan menggelar pertandingan. Kabarnya, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadi salah satu tuan rumah pertandingan dalam turnamen bergengsi ini.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengaku, 2 jam sebelum keputusan resmi diumumkan pada tengah malam, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meneleponnya untuk memberitahu bahwa Sumsel akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Dua jam sebelum diputuskan tengah malam itu, Pak Erick telepon aku, karena aku berteman baik dengan beliau," ungkapnya, dikutip Kantor Berita RMOLSumsel, Selasa (27/6).

Usai ditelepon Erick, Herman Deru pun segera menonton acara televisi dan menunggu selama dua jam dengan harapan bahwa kabar tersebut benar. Ternyata, kabar tersebut terbukti benar. Dan Sumsel pun berpeluang besar menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Menanggapi kesiapan menjadi tuan rumah, Herman Deru menyatakan bahwa Sumsel sudah siap menjalankan tugas. Pasalnya, Sumsel sudah sempat bersiap menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akhirnya batal digelar.

Sehingga Herman Deru merasa kini mereka lebih siap menghadapi tantangan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, diikuti oleh peran Sumsel sebagai salah satu daerah tuan rumah pertandingan, diharapkan turnamen ini akan meraih sukses dan membanggakan negeri ini.