Saat Emak-Emak di Daerah Lingkar Tambang PT CPM Berbagi Inspirasi Pengelolaan Sampah

Sosialisasi Pengelolaan Sampah yabg diikuti kelompok masyarakat lingkar tambang PT CPM yang digelar di Kelurahan Talise, Kamis (11/1/2024). (Foto: Irsan)
Sosialisasi Pengelolaan Sampah yabg diikuti kelompok masyarakat lingkar tambang PT CPM yang digelar di Kelurahan Talise, Kamis (11/1/2024). (Foto: Irsan)

Sampah umumnya dipandang sebagai limbah tak berguna. Namun tangan emak-emak di wilayah lingkar tambang CPM seperti Kelurahan Talise dan Tondo, barang yang semula tak bernilai itu disulap menjadi aneka barang bernilai ekonomi di antaranya berbagai hiasan, tas, dan topi berpewarna alami.


Dukungan serta kolaborasi antara swasta dan kelompok masyarakat dalam pengolahan sampah terutama jenis plastik tengah didorong sebagai upaya bersama menjaga lingkungan dari sampah. Di Kota Palu sendiri berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup, perhari terdapat lebih dari 200 ton sampah. 

Peningkatan kapasitas warga menjadi awal dimulainya praktik baik untuk lingkungan tersebut. Seperti yang dilakukan dalam pertemuan antarkelompok pengelolaan sampah di Kelurahan Talise, Kamis pagi (11/1/2024).

Selain berbagi pengalaman, para pegiat pengolahan sampah itu juga berharap adanya dukungan terhadap inovasi yang mereka buat.

Pengurus bank plastik Kelurahan Talise, Endang (54 th) salah satunya. Selain membutuhkan lahan memadai untuk aktivitas pengolahan sampah, kelompoknya juga berharap ada bimbingan pengetahuan tentang penyolahan sampah agar inovasi mereka berkembang. 

"Lahan kami di Jalan Kamboja masih terbatas selain itu kalau ada peningkatan pengetahuan produk yang kami buat bisa lebih bernilai ekonomi," kata Endang.

Sementara itu pihak PT Citra Palu Mineral (CPM) yang menginisiasi Sosialisasi Pengelolaan Sampah itu mengungkapkan pemberdayaan kelompok masyarakat menjadi salah satu yang akan diintervensi khususnya di daerah sekitar lingkar tambang.

Selain memasok bahan baku CPM juga secara berkala akan turut meningkatkan kapasitas warga.

"Sejauh ini memang baru kelompok bank sampah Talise yang kerja sama dengan kami. Namun kedepan kerja sama juga akan kami lakukan bersama kelompok-kelompok lain di lingkar tambang," Officer Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM)-CSR PT CPM, Mohamad Rizky Sultan mengatakan.